Blogger Widgets

Minggu, 14 Oktober 2012

Makna kata i love u


SEJUTA MAKNA KATA ‘I LOVE U’

Inggris                   -         I LOVE U
Indonesia                -         Aku Cinta Padamu
China                     -         Woaini
Jerman                  -         ich Liebe Dieh
India                      -         Mein Tumse Pyar Karta Hoon
Perancis                -         Jet’aime
Jepang                   -         Kimi o Aishiteru
Arab                     -         Ana behibek
Belanda                 -         Ik hou Van Jou
Rusia                     -         Tora Dust daram

          Begitu banyak versi kalimat ‘I Love U’ di belahan dunia ini. Saking banyaknya tak terhitung. Di Indonesia saja lebih dari tiga ratus bahasa lokal, maka akan ada tiga ratus pula versi kalimat ‘aku cinta padamu’.
          Kita punya banyak cara menyampaikan cinta, punya banyak kalimat, bahasa. Tetapi sadarilah, cara terbaik untuk menyampaikan cinta adalah dengan perlakuan dengan perbuatan. Dengan pengorbanan yang tulus. Tidak peduli apakah seseorang itu akan membalas cinta kita atau tidakl. Tidak peduli apakah kalimat itu perlu diucapkan atau tidak. Ucapkanlah dengan memberi tanpa mengharap, memberi tanpa mengambil, itulah simbolis cinta yang paling indah.
          Makanya kita tidak perlu heran jika menemukan sepasang kekasih, berumur 90 tahun. Sudah menikah 70 tahun. Memiliki anak 12, cucu 30, cicit 67. Tinggal sederhana di kaki gunung Kerinci. Kemarin lusa sang istri tercinta pergi, dan saat sang suami yang tua menatap sedih butir demi butir tanah yang dimasukkan ke dalam pemakaman, menutupi jasad istrinya. Meski menangis, ia tersenyum rela. Padahal sempurna, ia sempurna tidak pernah bilang “Aku Cinta Padamu” kepada istrinya. Tidak pernah selama 70 tahun kebersamaan mereka, karena kalimat itu selalu kelu saat diucapkan. Selalu tersumbat saat akan dikatakan. Kalimat itu selalu sakral bagi mereka berdua. Tetapi alarhum istrinya tau persis, suaminya amat mencintainya. Karena kalimat itu terukir indah bersama hari-hari mereka yang hebat, 25.500 hari. Hari-hari suka-cita, hari-hari pertengkaran, hari-hari kebahagiaan, hari-hari kesedihan, hingga hari-hari kepergian.
Mereka telah berbagi 25.500 hari. Kita sudah berbagi berapa hari ? jika usia kita saat ini katakanlah lima belas tahun, maka yang bisa saya pastikan, kita sudah tinggal bersama keluarga kita selama 5.000 hari lebih. Jika usia saat ini katakanlah tiga puluh tahun, maka kita sudah tinggal bersama keluarga kita selama 10.000 hari lebih. Maka sebelum menyontek berbagai kalimat ‘I Love U’ di atas. Jangan lupa, mulailah dengan bilang kalimah itu pada keluarga kita. Ayah, Ibu, Adik, Kakak… itu tidak akan kalah spesialnya, itu bahkan selalu special…

“Jadikan Kata cinta itu sesuatu yang ‘sakral-suci’
karena makna cinta yang benar-benar tulus, bukan sesuatu yang mudah dikatakan hingga tak memiliki arti…”






-Dikutip Dari Catatan-
‘Tere Liye’


Tidak ada komentar:

Posting Komentar